Nasib Skuter Motor Listrik Gesits , Apakah seperti Mobil Esemka?

 

Motor Listrik Gesits

Kicauan soal skuter listrik, motor listrik Gesits kembali berembus. Apalagi setelah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mencicipinya secara langsung di Istana Merdeka pada Rabu (7/11) 2019 yang lalu.

Munculnya Gesits di satu sisi merupakan harapan kebangkitan industri otomotif nasional. Di sisi lain, banyak yang meragukan kuda besi ini bakal benar-benar terwujud.  Apakah Gesits bakal seperti mobil Esemka, dalam artian tidak kunjung meluncur? Ingin tahu kenyataannya? Simak bahasan berikut:

Proyek Gesits Dimulai Sejak 2015 

Inisiasi Gesits dilakukan sejak 2015. Punggawanya Garansindo dan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Bila jeli, kamu bakal melihat dua instansi tersebut ada di dalam nama Gesits. Kepanjangan Gesits tidak lain adalah Garansindo Electric Scooter ITS.

Setelah membuat motor konsep, barulah dukungan datang dari pemerintah. Ramai-ramai wakil akademisi memberi support. Di samping ITS, mulai ikut Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Sebelas Maret (UNS). Ada pula bantuan dari PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT. Pindad (Persero), PT. Len Industri (Persero), PT. Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang diwakili PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) selaku BUMN.

Lalu PT WIKON dan Gesits membentuk usaha patungan bernama PT. Wijaya Manufakturing (PT. WIMA). Perusahaan inilah yang siap memproduksi GESITS di pabrik Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Hanya saja sampai sekarang, skuter listrik Gesits belum juga lahir versi produksi massalnya.

Garansindo Belum Pernah Produksi Motor

Punggawa utama dari Gesits adalah Garansindo. Jika melihat sepak terjangnya, Garansindo merupakan pemegang merek berbagai merek mobil dan motor asal Eropa serta Amerika Serikat. Di roda empat, mereka memasukkan Fiat, Alfa Romeo, Chrysler, Jeep, Dodge dan Volvo. Sementara untuk roda dua, ada Ducati, Italjet dan Zero Motorcycles.

Garansindo sama sekali belum pernah memproduksi motor atau mobil. Gesits bisa dibilang proyek pertama mereka yang mengharuskan membuat kuda besi dari nol.

Sempat Gagal Meluncur

Awalnya Gesits diklaim bakal meluncur bertepatan dengan HUT RI ke-73, pada 17 Agustus 2018. Ternyata hal itu tidak terjadi karena satu dan lain hal. Kemudian CEO PT GTI, Harun Sjech menjelaskan bawah kelahiran skuter listrik ini diundur pada September 2018. Namun, lagi-lagi gagal.

Setelah dijajal Jokowi di Istana Merdeka, ada kabar bahwa Gesits bakal meluncur awal 2019. Entah bagaimana tingkat kebenaran informasi tersebut. Bukan tidak mungkin, nasibnya justru persis mobil Esemka yang tidak kunjung melantai di pasar otomotif nasional.

Pemerintah Kasih Dukungan untuk Gesits

Jokowi menyatakan siap membantu produksi Gesits. Salah satunya dengan memberi percepatan jalan untuk uji coba, uji kelayakan dan perizinan yang dibutuhkan untuk skuter listrik bisa diwujudkan secara massal.

"Brand dan prinsipal Indonesia bisa mendahului (brand-brand lain), pertama di pasaran. Ini sangat bagus,” ujar Presiden seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg).

Hanya saja dalam janji Jokowi terselip permintaan, Gesits harus bisa 100 persen terbuat dari komponen lokal. Sejauh ini memang cuma baterai yang masih impor.

"Yang paling krusial ini produksi baterai lithiumnya. Padahal kita raw materialnya ada," paparnya.

Harga dan Spesifikasi Gesits Sangat Menjanjikan 

Bila benar-benar meluncur, Gesits punya harga dan spesifikasi yang cukup istimewa. Skutik listrik ini menggendong baterai lithium ion berkekuatan 5000 Wh. Diklaim mampu diisi dari kondisi kosong sampai penuh, dalam waktu 3 jam.

Soal performa, sanggup mengeluarkan tenaga 5 kW dan torsi hingga 15 Nm. Terkait akselerasi, skuter listrik ini bisa berlari dari posisi diam sampai 50 Kpj dalam 5 detik. Kecepatan maksimalnya 100 Kpj. Performa tersebut dianggap serupa dengan motor berbahan bakar minyak berkapasitas 125 cc.

Harganya tidak kalah menggiurkan. Motor Listrik Gesits digadang-gadang dijual dengan bandrol sekitar Rp 20 jutaan. Semoga bermanfaat.



0 komentar