Berikut Ini Cara Cuci Tangan Yang Benar

Berikut Ini Cara Cuci Tangan Yang Benar

Mencuci tangan menggunakan sabun termasuk perilaku hidup sehat yang sudah selayaknya Anda lakukan. Tetapi agar bisa mencegah masuknya virus, Anda tentunya wajib mengetahui dan menerapkan cara cuci tangan yang benar. Tidak asal-asalan dalam mencuci tangan, Anda harus menaati beberapa aturan cuci tangan yang telah menjadi standardisasi WHO dan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Pilih sabun cuci tangan yang memiliki kandungan alkohol


Sebelum Anda mencuci tangan, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu pemilihan cairan pembersih tangan yang akan Anda gunakan. Tidak cukup untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer, Anda juga wajib mencuci tangan dengan cara reguler dan menggunakan sabun cuci tangan.

Aturan paling mendasar yang disebutkan oleh WHO adalah mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun yang memiliki kandungan alkohol. Bahkan agar bisa menghilangkan bakteri dan virus dengan optimal, sabun yang dipakai harus mempunyai kadar alkohol sampai 70 persen.

Tetapi karena kadar yang terlalu tinggi kalau sabun tidak ditambahkan dengan pelembap, kulit sensitif terkadang dapat mengalami iritasi. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan sabun cuci tangan yang memiliki kandungan antiseptik yang dapat menangkal masuknya kuman dan bakteri.

WHO dan Kementerian Kesehatan menindaklanjuti mengenai rekomendasi yang paling mudah agar bisa menangkal wabah virus yaitu mencuci tangan dengan cara dan langkah tepat. Tak lagi menjadi sebuah kebiasaan yang sering dilupakan, agar bisa menangkal virus maka Anda wajib membersihkan tangan secara rutin.

Berikut cara cuci tangan yang benar menurut WHO

  • Basahi seluruh tangan menggunakan air bersih mengalir
  • Gunakan sabun yang memiliki kandungan alkohol atau antiseptik secukupnya di telapak tangan
  • Usap dan gosokkan kedua telapak tangan dengan arah yang memutar
  • Usap dan gosok kedua punggung tangan dengan bergantian
  • Bersihkan bagian sela-sela jari
  • Gosok punggung jari dengan jari yang saling bertautan dalam posisi mengunci
  • Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  • Bilas tangan menggunakan air mengalir sampai bersih
  • Keringkan tangan dengan menggunakan tisu atau handuk bersih 

Kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci tangan


Tak jarang banyak orang rutinitas mencuci tangan dengan hanya dilakukan jika tangan kotor. Bahkan tanpa sadar Anda akan merasa sudah melakukan langkah-langkah mencuci tangan yang benar. Padahal agar bisa menangkal virus, Anda wajib mengikuti aturan cuci tangan yang sesuai dengan aturan WHO dan Kementerian Kesehatan. Anda juga perlu ketahui kesalahan umum yang sering dilakukan saat mencuci tangan:
  • Anda mencuci tangan hanya sebentar. Padahal setidaknya Anda harus menggunakan waktu 20 detik untuk membilas dan menggosok tangan Anda.
  • Sering lupa membersihkan sela-sela jari yang merupakan salah satu tempat tertinggi berkembangnya kuman. Kuman akan sering bersembunyi di balik-balik kuku dan kantung antara jari jemari.
  • Tidak mengeringkan tangan padahal Anda telah mencuci tangan hingga bersih. Pastikan Anda tidak mengangin-anginkan tangan yang basah hingga kering karena tangan yang lembap menjadi sebuah kondisi yang paling baik untuk perkembangan para kuman. Sebaiknya Anda keringkan setelah cuci tangan dengan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Kebiasaan melakukan cuci tangan hanya setelah dari toilet. Sebaiknya, setiap kali Anda menyentuh permukaan benda yang merupakan fasilitas publik seperti gagang pintu, tombol lift, pegangan kereta atau eskalator disarankan setelahnya untuk mencuci tangan.
  • Sering menggunakan sabun dari wadah sabun isi ulang. Jika Anda mencuci tangan di toilet umum sebaiknya Anda harus membawa sabun sendiri karena dispenser sabun atau sabun isi ulang yang diisi dengan botol sabun cairan besar dapat berisiko dalam peningkatan bakteri 26 kali lipat di tangan Anda.
  • Terbiasa menyentuh permukaan lain setelah melakukan cuci tangan. Anda harus lebih berhati-hati dalam menutup gagang pintu toilet atau keran air karena biang kuman bisa muncul kembali dan usaha mencuci tangan Anda pun menjadi terasa sia-sia.
Nah, itulah cara cuci tangan yang benar dan kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci tangan yang perlu Anda ketahui.

0 komentar